Minggu, 31 Mei 2020

Overhoul Vega ZR 2011



Servis berkala dan ringan seperti ganti oli, ganti kampas rem, dan bersihin filter karburator mungkin adalah hal yang biasa saat servis motor. Beda halnya dengan ganti seher, rantai sentrik, dan  kampas kopling yang termasuk dalam golongan servis besar sampai  turun mesin (overhoul). Nah, hal ini lah yang baru aja gue alami di motor gue sendiri.

Dalam tulisan ini, gue cuma mau share sedikit pengalaman gue servis motor beserta biaya yang dikeluarkan.
Motor gue adalah Yamaha Vega ZR thn 2011. Awal gejala kerusakan terjadi sekitar pertengahan tahun 2019 di mana suara mesin lebih berisik dari biasanya dan tarikan motor juga agak berat. Karena gue bukan seorang yang expert di dunia permotoran, gue pikir itu cuma masalah harus ganti oli dan usia motor yang udah tua. Setelah ganti oli suara mesin masih tetap berisik, tapi getarannya agak berkurang dan hal ini terus berulang sampai akhir tahun 2019

Diawal 2020 gejala baru muncul di mana motor gue mulai ngeluarin asap putih saat baru dinyaalin. Motor gue akinya udah soak dan saat itu belum gue ganti, jadi klo mau nyalain gak bisa pake electrik starter dan harus pake kick starter (disela/diengkol). Selain ngeluarin asep saat baru dinyaalin,  kick starter nya juga kadang kayak gak ada kompresinya gitu. Mesin semakin berisik dan tenaganya juga semakin gak kerasa.

Sekita bulan Maret 2020 gue ke bengkel untuk tanya-tanya biaya servis. Motor gue didiagnosa harus turun mesin dan biaya serviceya diperkirakan diatas 600 ribuan. Saat itu gue gak langsung service karena memang gue belum siapin uang untuk servis. Mulai bulan April 2020, di kantor gue memberlakukan sistem kerja WFH untuk menghindari penyebaran virus corona, sehingga gue mengurungkan niat buat servis, karena gue pikir tuh motor juga bakal jarang dipake dan gue pikir kondisi mesinnya belum seburuk itu.

Dengan kondisi mesin motor yang terus memburuk dan karena kebodohan gue sendiri yang terus-terusan menunda servis akhirnya mencapai puncaknya tanggal 28 Mei 2020, saat gue riding sore pake tuh motor, tiba-tba mesin bener-bener kehilangan tenaganya, ngempos parah dan akhirnya gak bias jalan. Suara mesin udah gak karuan, gue matiin mesin sejenak tapi ternyata saat gue coba nyalain lagi mesinnya gak mau nyala bahkan kompresi kick starternyabgak kerasa lagi. Mau gak mau akhirnya motor gue bawa pulang dalam kondisi mati. Gue gak dorong motor sendirian tapi gue dibantu temen gue buat nyetut motor sampe ke rumah.

Keesokan harinya gue kebengkel deket rumah, gue ceritain kondisi motor. Pemilik bengkel bilang motor gue harus turun mesin, tapi gak bisa dikerjaan hari itu juga karena tukang bubutnya lagi libur. Motor gue dijanjikan dikerjain keesokan harinya lagi.

Besoknya lagi, di hari Sabtu pagi, motor gue bawa kebengke (dengan didorong). Pengerjaan ya dimulai dari jam 8 pagi dan dijanjikan selesai jam 5 sore, jadi selama proses servis, motornya bisa gue tingga dulu. Siang gue cek kondisi motor yang mesinnya lagi dibongkar abis, blok mesinnya  sendiri masih ditukang bubut.

Komponen mesin yang diganti dalam proses servis lumayan banyak,  mulai dari seher, seal klep, carter, bearing, kampas kopling, packing, rantai sentrik, dll.
Pengerjaan selesai pas jam 5 sore, dan biaya yang harus gue bayar untuk seluruh onderdil termsuk ganti oli, ganti aki, serice dinamo starter dan jasa totalnya  950 ribu.

Setelah servis, suara mesin jelas jadi aluuus banget kayak kulit artis korea. Tenaga mesinnya juga kerasa dan tentu tarikannya enak. Motor gue masuk masa rayen dimana sejak servis sampai 500 km ke depan motor belum boleh terlalu digeber dan gak boleh  lari lebih dari kecepatan 40 km/jam, seteah itu baru kondisinya benar-benar normal.



Pesan moral dari kejadian yang gue alami adalah jangan males dan pelit untuk servis kendaraan sebelum kondisi kerusakannya semakin parah dan akhirnya biaya servisnya juga jadi bertambah.

Tengkyu buat kalian yang udah baca tulisan ini sampai akhir. Sampai jumpa di tulisan berikutnya!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar