Selasa, 14 Agustus 2012

Pekerjaan


Sering gue berfikir sebenarnya pekerjaan apa yang cocok sama gue. Selama gue menjalani pekerjaan gue yang sekarang (staf tiketing), gue ngerasa klo gue sebenernya gak cocok untuk bekerja di bagian itu. Kerja di bagian staf tiketing itu sama juga dengan kerja di bagian constumer service. Sedangkan gue adalah orang yang moody, sebentar gue mood sebentar gue bad mood.

Pernah kejadian seorang costumer nanya ke gue
            “Mas, jadi nanti pesawat yang ke Medan itu naik Boeing atau Airbus?”
            “Naik pesawat Boeing pak” jawab gue singkat.
            “Ooh.. Boeing yang seri berapa Mas ? 300 atau 400 ?” tanya penumpang lagi.
Gue yang lagi gak mood ngasih jawaban asal.
            “Seri 300 pak ..” jawab gw datar.
            “Ooh, yayaya …, pesawat Boeing yang seri 300 itu bentuknya yang kaya gimana ya Mas ?” tanya bapak2 itu dengan semangat.

Saat itu juga gue pingin nanya balik, “elo sebenernya penumpang yang mau beli tiket atau wartawan dari majalah airline sih ?!”. Tapi niat itu gue urungkan mengingat gue memang harus memberikan pelayanan yang baik guna membangun imej perusaahan yang baik, padahal alesan sebenernya karena gue takut klo tuh penumpang bakal marah dan mukulin gue. Banyak pengalaman2 nyebelin selama gue kerja. Mulai dari ngelayanin penumpang yang biasa aja sampe ke yang luar biasa.

             Ternyata yang ngerasain gak cocok dengan pekerjaannya gak cuma gue. Bermula dari pertemuan gue dengan seorang temen. Gue kenal dia via twitter, namanya Ukwa dan gue bikin janji mau ketemuan di Gramedia Matraman, karena memang saat itu ada buku yang mau gue beli jadi ketemuannya sekalian di Gramedia aja. Pas ketemu kita ngobrol2 saling cerita tentang keseharian masing2. Ternyata dia juga ngerasa gak cocok dengan pekerjaan yang lagi dia jalanin sekarang. Ukwa bekerja sebagai admin di sebuah perusahaan swasta. Kerjanya memantau rating iklan perusahaan2 di televisi. Sebenernya gue gak seberapa ngerti deksjobnya apaan. Mungkin karena saat dia ngejelasin pekerjaannya otak gue yang minim ini gak bisa nangkep.

             Masalah yang dia alami di tempat kerja mirip dengan masalah gue. Mulai dari suasana kerja yang gak nyaman, ngerasa gak cocok dengan pekerjaannya, sampe ngatain bahwa temen kerja gak kooperatif. Lucunya setelah kita sharing, masing2 dari kita malah sok memberikan nasihat2 yang sok dewasa. Gue yang sotoy pun memberikan wejangan ke Ukwa.
“Lo jangan terlalu memandang buruk pekerjaan lo dengan alasan2 ketidak nyamanan yang remeh.
 Lo harus menyesuaikan diri dengan lingkungan” Ucap gue sok dewasa.
“Lo gak ngerti kondisi di kantor gue sih Ton, temen2 gw tuh pada gak asik, udah gitu ada perasan gak nyaman dipekerjaan gue yang sekarang” Ukwa bicara dengan nada agak kesel.
“Semua orang pasti pernah ngerasa bosen atau gak cocok dengan pekerjaannya Wa, apalagi lo masi  anak baru di kantor lo, jadi masih butuh penyesuaian lah” Gue, lagi2 ngomong sok dewasa. Tapi tetep aja si Ukwa ngasih banyak alesan dan cerita yang ngebuat dia pingin cabut dari pekerjaannya.

            Di perjalanan pulang gue mulai merenungkan kata2 gue ke Ukwa tentang masalah2 di pekerjaan. Kita mungkin kadang ngerasa bosen, bete, ngerasa gak cocok, gak nyaman, ribut dengan temen sekantor dan masalah2 lain di pekerjaan kita. Tapi semua itu sebenernya bisa kita lewatin asal kita ikhlas dan sabar. Gue malu sendiri, karna gue yang sering ngeluh tentang pekerjaan gue tapi malah sok ngasih nasihat bijak ke orang lain. Apapun yang gue rasaiin tentang pekerjaan gw sekarang, gue gak sepatutnya ngeluh karena pekerjaan itu adalah suatu rizki yang di beri oleh Tuhan. Gue mulai ngebayangin gimana keadaan gue klo gue gak kerja. Mungkin gue cuma bakal jadi anak alay di kampung gue yang tiap malem kerjanya cuma begadangan main kartu terus siangnya gue molor seharian.
            Ingatan gue kembali saat dulu pertama kali ngelamar kerja. Gue harus pontang panting ngelamar sana sini, bikin banyak lamaran, dan juga banyak ngeluarin ongkos.
Tapi setelah sekarang gue udah dapet kerja, gue malah ngeluh melulu. Seolah gue gak bersyukur.
Well akhirnya gue sadar, ini semua bukan tentang siapa elo dan apa pekerjaan elo. Tapi lebih luas lagi. Ini tentang Bagimana kita harus bisa menyesuaikan diri di manapun kita berada dan bangaimana cara kita menyelesaikan setiap permasalahan di pekerjaan kita Jadi intinya memang harus bersyukur dengan semua keadaan kita. Gak perlu banyak ngeluh dan banyak bicara, tapi harus banyak bekerja.
            Setelah melewati beberapa hari masa perenungan, akhirnya gue mulai ikhlas dan semangat gue mulai timbul lagi. Sekarang gue udah mulai menyukai pekerjaan gue. Gue jalanin hari2 gue dengan sebaik mungkin yah walaupun kadang2 gue masi sering galau , hahahaha …
So, enjoy your life, enjoy your job and give the the best you can do ! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar