Minggu, 10 Mei 2020

Cara mengganti baterai hp Xiaomi Redmi Note 3/3 Pro

Hai! Apakabar kalian semua? Semoga kabar kalian baik-baik saja. Setelah sekian lama akhinya gue memutuskan untuk mencoba kembali menulis di blog. Nah untuk kedepannya gue akan mencoba untuk konsisten menulis dan share ke kalian semua.

Di tulisan kali ini gue akan share cara untuk mengganti baterai hp Xiaomi Redmi Note 3/3 Pro.
Hp ini termasuk hp keluaran lama yg diproduksi di tahun 2016. Nah siapa tau diantara kalian ada yang punya hp ini dengan kondisi baterai yang sudah gembung dan harus diganti, kalian bisa ikuti tutorialnya di sini. Oke, tanpa banyak basa basi lagi, kita langsung mulai aja.

PERALATAN YANG DIBUTUHKAN
  • 1. Alat pencungkil/obeng kecil
  • 2. Alat pembuka casing HP
  • 3. Double tape
  • 4. Sim tray ejector
  • 5. Baterai baru (Type BM46)
Obeng kecil


CARA MENGGANTI BATERAI
  1. Lepaskan sim tray menggunakam sim tray ejector
  2. Buka penutup bagian belakang/casing belakang dimulai dari bagian bawah (dekat port charger). Ini bisa dilakukan dengan tangan kosong, kalau kalian kesulitan, gunakan alat pembuka casing HP. Kalian  harus hati2 saat membuka bagian atas (dekat kamera dan finger print scanner) karena di sana ada kabel flexibel untuk finger print scannernya.
  3. Saat casing sudah terbuka semua, lepaskan kabel flexible finger print dengan menggunakan alat pencungkil/obeng kecil
    Letak kabel fexibel
  4. Sebelum melepas baterai dari body hp, lepaskan dulu kabel flexible baterainya. Lalu lepaskan baterai dari hp, bagian ini agak sulit karena baterai dilem dengan tulangan hp. Hati-hati saat melepas baterai jangan sampai kita mematahkan tulangan atau LCD.
  5. Setelah baterai berhasil dicopot, tempelkan double tape di tulangan hp tempat meletakkan baterai.
  6. Pasang terlebih dahulu kabel flexibel baterai baru rekatkan baterai ke hp dengan double tape tadi
    Baterai baru telah terpasang
  7. Biasanya hp akan langsung nyala (booting), kalau tidak nyala, coba kalian tekan dan tahan tombol power. Kalau hp nya nyala, baru kita lanjutkan ke langkah berikutnya.
  8. (OPTIONAL) Sebelum memasang penutup belakang hp, bersihkan dulu bagian dalam back cover, terutama bagian lubang speaker dengan sikat gigi bekas.
  9. Pasang kembali kabel flexibel finger print scanner ke hp kemudian pasang back cover Pastikan kalian memasang dengan benar dan kencang. Lalu pasang kembali sim tray ejectornya. (Selesai)

Yap, jadi memang semudah itu untuk mengganti baterai hp Xiaomi Redmi Note 3/3 Pro. Kalian bisa praktekkan sendiri di rumah, tp segala risikonya sialkan ditanggung sendiri yaa :D


Kalau kalian bingung atau ingin lihat cara ganti baterainya, bisa lihat di channel youtube gue dengan cara klik link ini:

https://www.youtube.com/watch?v=zE-EOb-AYDs&t=23s

Jangan lupa sekalian subscribe yaa!! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar